Berwisata Ke Goa Pundun Desa Purui Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong

Assalamualikum wr, wb..
Selamat malam teman-teman semuanya
Pada malam ini saya akan bercerita tentang indahnya Ngetrip Ke  Goa Tandri Pundun Desa Purui Kec.Jaro.
Saya bersama 5 orang teman, berangkat kemaren tanggal 01 Juli 2017, mulai Desa Masingai pukul 12.00, baru sampai Desa palapi hujan turun dan akhirnya kami harus berteduh ke salah satu warung warga. Sekitar jam 13.30 kami menunggu hujan sampai reda, tetapi hujan tak kunjung reda, masih saja gerimis dan akhirnya kami nekat berangkat, sambil mencari warung makan, di wilayah kec. Muara Uya, dan kami mengisi perut di Warung Bakso Mas Gundul, sambil kami makan bakso sekalian kami menunggu gerimis tadi reda. Sampai pukul 14.00 kami di warung bakso mengisi perut, dan akhirnya gerimis pun berhenti, melihat langit di arah Jaro terlihat cerah dan kami pun merasa cukup bahagia melihat cuaca yang cukup bersahabat walaupun tadi sempet di guyur hujan. Dan makan bakso selesai kami langsung siap-siap pergi melanjutkan perjalanan.
Sebenarnya perjalanan kami ke Gua Pundun ini adalah pertama kalinya. Karena kami penasaran seperti apa lokasi yang sebernya di sana. Tetapi tantangan masih banyak menghadang di perjalanan, medan jalan yang menanjak dan juga kondisi jalan yang licin karena tadi sempat di guyur hujan, Sesampainya kami memasuki wilayah Desa Tratau kami lanjut saja meneulusi jalan yang mengarah ke desa Purui, jarak antara Jalan Raya antar Provinsi dengan lokasi wisatanya cukup jauh sekitar 7 KM menurut saya, masuk kedalamya. Karena Desa Purui adalah desa yang ada di pelosok pedalaman. Signal HP pun tidak ada sama sekali di sana. Jadi jaringan seluler pun seketika mati. Perkampungannya pun tidak terlalu banyak penduduknya. Setelah kami menelusuri jalan yang terjal, becek, dan juga tanjakkan jalan yang naik cukup tinggi, sehingga kami pun harus berhati-hati.
Tak lama kami kemudian kami sampai di pintu gerbang Bertuliskan Wisata Goa Pundun. Dan kami harus menelusuri jalan lagi, sekitar 300 M. Medannya naik turun juga, lumayan mnegasah ardenali, emang ini nge Trip yang sejati, hhe..
         Sepeda motor nampak begitu kotor, tapi rasa penasaran pun yang membuat kami ingin melanjutkan perjalanan. Sampai sudah kami memasuki desa Purui dan kami bertanya pada saah satu warga sekitar, dimana lokasi Goa Purun. Ternyata kami harus menelusuri jalan lagi, masuk kedalam hutan, sekitar 300 M. Dan kami sempat di bingungkan dengan keadaan sesampai di dalam hutannya karena jalannya yang kondisinya begitu banyak lumpur, karena terlihat jalannya ini di pakai untuk jalan mobil pengangkut kayu Hutan, Jadi kondisinya berlumpur di tambah hujan yang tadi turun. 
             Sampai kami di salah satu lahan parkir kecil, dan di situ ada tulisan Goa Landak 500 M. Kami sempat di buat dilema dengan keadaan kondisi jalan. Tak tau apakah kami harus pakai kendaraan atau jalan kaki menuju lokasi Goa nya. Dan kami pu berunding sekitar 5 menit, sambil menunggu siapa tau ada warga sekitar yang melintas, karena kami ingin bertanya pada warga apakah masih jauh lagi jarak Goa Pundunnya. Dan tak lama kemudan, kami mendengar sepeda motor dari dalam hutan menuju ke luar, akhirnya kami dapat warga sekitar. Dan ternyata yang melintas adalah anak warga desa sekitar, kami pun bertanya pada mereka. 
 Teryata mereka baru saja dari Goa Pundun, kata mereka jaraknya tidak jauh dari tempat parkir ini, sekitar 300 M, dan konisi jalan yang sedikit berlumpur cuma sekitar 100 M saja, dan akhirnya kami putuskan lanjut memakai Kendaraan bermotor. 
         Sesampai di jalan yang bersemen, tanjakan jalannya cukup tinggi dan turun jalannya cukup curam, akhirnya kami putuskan untuk memarkir sepeda di atas puncak ini.

Dan kami juga sempatkan berfoto di lokasi ini.






Dan kami lanjutkan perjalanan menuju ke Goa Pundun...
Ini dia Foto lokasinya :
Air sungainya yang dingin sekali  dan keabu abuan karena tadi malam hujan turun di daerah ini. Kalau di hari biasa air sungai berwarna kebiru-biruan.









Kondisi alam yang alami dan sangat sejuk seali di tambah monyet-monyet hutan yang menemani perjalanan, sangat membuat kami bahagia, tenang dari keramaian dan pemandangan yang indah.

  Cocok sekali untuk menghilangkan kepenatan dan juga buat libur keluarga serta berkemah.

Jangan lupa kalau ke sana bawa pancing, soalnya ikannya cukup banyak. hehe..

0 Response to "Berwisata Ke Goa Pundun Desa Purui Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan dan memamakai Etika Yang Baik.
Di Larang Melampirkan Link Aktif